Apakah Ada Shalat Sunnah Rawatib Qabliyyah Jum'at

Febri Hidayan
03 March 2020 - 10:46


Sebagian ulama berdalil dengan hadits ini akan maysru’-nya shalat sunnah rawaatib qabliyyah Jum’at.

Al-Haafidh Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy rahimahullah berkata:

لَمْ يَذْكُرْ الرَّافِعِيُّ فِي سُنَّةِ الْجُمُعَةِ الَّتِي قَبْلَهَا حَدِيثًا، وَأَصَحُّ مَا فِيهِ مَا رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ عَنْ دَاوُد بْنِ رُشَيْدٍ، عَنْ حَفْصِ بْنِ غِيَاثٍ، عَنْ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، وَعَنْ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ جَابِرِ قَالَ: «جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ وَرَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يَخْطُبُ فَقَالَ لَهُ: أَصْلَيْتَ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ تَجِيءَ؟ قَالَ: لَا، قَالَ: فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ وَتَجَوَّزْ فِيهِمَا» . قَالَ الْمَجْدُ ابْنُ تَيْمِيَّةَ فِي الْمُنْتَقَى: قَوْلُهُ: «قَبْلَ أَنْ تَجِيءَ» دَلِيلٌ عَلَى أَنَّهُمَا سُنَّةُ الْجُمُعَةِ الَّتِي قَبْلَهَا، لَا تَحِيَّةَ الْمَسْجِدِ. وَتَعَقَّبَهُ الْمَزِيُّ: بِأَنَّ الصَّوَابَ: أَصَلَّيْت رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ تَجْلِسَ؟ فَصَحَّفَهُ بَعْضُ الرُّوَاةِ

“Ar Rafi’i tidak menyebutkan hadits tentang shalat sunnah qabliyyah Jum’at. Dan hadits yang paling shahih tentangnya adalah adalah apa yang diriwayatkan oleh Ibnu Maajah dari Daawud bin Rusyaid, dari Hafsh bin Ghiyaats, dari Al-A’masy, dari Abu Shaalih, dari Abu Hurairah, dan dari Abu Sufyaan, dari Jaabir, keduanya berkata : Sulaik Al-Ghathafaaniy datang (ke masjid) sedangkan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sedang berkhuthbah. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya : “Apakah engkau sudah shalat dua raka’at sebelum engkau datang ?”. Ia berkata : “Belum”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Shalatlah dua raka’at, dan cepatkanlah”.

Al-Majd bin Taimiyyah berkata dalam Al-Muntaqaa : “Sabda beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam : ‘sebelum engkau datang’, merupakan dalil bahwa shalat dua raka’at tersebut adalah shalat sunnah qabliyyah Jum’at, bukan tahiyyatul-masjid”. Al-Mizziy mengkritiknya bahwasannya yang benar : ‘Apakah engkau sudah shalat dua raka’at sebelum engkau duduk ?’. Sebagian perawinya telah melakukan tashhiif (salah menulis)” [At-Talkhiishul-Habiir, 2/149].

Perkataan Al-Mizziy ini dinukil juga oleh Ibnul-Qayyim [Zaadul-Ma’aad, 1/434] dan Al-Mubaarakfuriy [Tuhfatul-Ahwadziy, 2/61] rahimahumullah.

Untuk mengetahui benar tidaknya yang dikatakan Al-Mizziy rahimahullah, perlu kita telusuri jalur-jalur periwayatan, terutama yang berporos pada Al A’masy.

Daawud bin Rusyaid dalam periwayatan dari Hafsh bin Ghiyats di sini diselelisihi oleh:

a.      Muhammad bin Mahbuub[5] (tsiqah) dan Ismaa’iil bin Ibraahiim[6] (tsiqah lagi ma’muun); sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Daawud[7] no. 1116 dan Ibnu Hazm[8] dalam Al-Muhallaa 3/276.

b.      Ibnu Numair[9] (tsiqah, haafidh, lagi faadlil); sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Ya’laa[10] no. 2276.

c.      Ibnu Abi Syaibah[11] (tsiqah lagi haafidh, dan mempunyai banyak tulisan) dalam Al-Mushannaf[12] 2/110 (4/69) no. 5204 & 2/116 (4/85) 5252.

d.      ‘Umar bin Hafsh bin Ghiyaats[13] (tsiqah); sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy[14] dalam Al-Qiraa’ah no. 157 dan Ath-Thahawiy[15] dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/365 no. 2153.

semuanya meriwayatkan tanpa lafadh ‘sebelum engkau datang’. Lafadh hadits yang mereka bawakan adalah sebagai berikut:

جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ، فَجَلَسَ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " يَا سُلَيْكُ، قُمْ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ تَجَوَّزْ فِيهِمَا، ثُمَّ قَالَ: إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ وَالإِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ يَتَجَوَّزُ فِيهِمَا

“Sulaik Al Ghathafani datang (ke masjid) pada hari Jum’at sedangkan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sedang berkhuthbah, lalu ia (Sulaik) langsung duduk. Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Wahai Sulaik, berdiri, lalu shalatlah dua raka’at yang ringan dan cepatkanlah”. Kemudian beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam melanjutkan : “Apabila salah seorang diantara kalian datang (ke masjid) dan imam sedang berkhuthbah, hendaklah ia shalat dua raka’at yang ringan dan mempercepatnya” [lafadh milik Al-Bukhaariy dalam Al-Qiraa’ah no. 157 dari jalan ‘Umar bin Hafsh, dari ayahnya].

‘Umar bin Hafsh ketika membawakan riwayat ayahnya tersebut berkata:

حَدَّثَنَا أَبِي، قَالَ: حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا صَالِحٍ، يَذْكُرُ حَدِيثَ سُلَيْكٍ الْغَطَفَانِيِّ، ثُمَّ سَمِعْتُ أَبَا سُفْيَانَ، بَعْدُ يَقُولُ: سَمِعْتُ جَابِرًا، يَقُولُ:.............

Telah menceritakan kepada kami ayahku, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-A’masy, ia berkata : Aku mendengar Abu Shallih menyebutkan hadits Sulaik Al-Ghathafaaniy, kemudian aku mendengar Abu Sufyaan setelah itu berkata : Aku mendengar Jaabir berkata : “…..(al-hadits)…..”.

Artinya ‘Umar bin Hafsh hapal dan menguasai periwayatan dari ayahnya yang memberikan perincian lafadh periwayatan Al-A’masy yang berasal dari dua jalur; sementara ashhaab Hafsh yang lain membawakan dengan peringkasan.

Riwayat jumhur ashhaab Hafsh bin Ghiyaats tersebut – terutama yang dibawakan oleh ‘Umar bin Hafsh – menjelaskan bahwa konteks perintah shalat dua raka’at saat masuk masjid ketika imam sedang berkhuthbah adalah shalat sunnah tahiyyatul-masjid, bukan shalat qabliyyah Jum’at. Sama seperti riwayat Al-Bukhaariy dan Muslim yang disebutkan di awal.

Dikuatkan lagi bahwa dalam jalan yang lain, Daawud bin Rusyaid sendiri membawakan riwayat tanpa lafadh ‘sebelum engkau datang’.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْحَضْرَمِيُّ، ثنا أَبُو مَعْمَرٍ الْقَطِيعِيُّ، وَدَاوُدُ بْنُ رُشَيْدٍ، قَالا: ثنا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، ح وَأَبِي سُفْيَانَ، عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ، وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ، فَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " صَلِّ رَكْعَتَيْنِ تَجَوَّزْ فِيهِمَا "

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin ‘Abdillah Al-Hadlramiy[16] : Telah menceritakan kepada kami Abu Ma’mar Al-Qathii’iy[17] dan Daawud bin Rusyaid, mereka berdua berkata : Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyaats, dari Al-A’masy, dari Abu Shaalih, dari Abu Hurairah (ح), dan dari Abu Sufyaan, dari Jaabir, mereka berdua berkata : Sulaik Al-Ghathafaaniy datang sementara Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sedang berkhuthbah. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya : “Shalatlah dua raka’at dan cepatkanlah” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 7/192 no. 6698].

Muhammad bin ‘Abdillah Al-Hadlramiy dalam periwayatan dari Daawud bin Rusyaid mempunyai mutaba’ah dari Ahmad bin ‘Aliy bin Al-Mutsannaa sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Hibbaan[18] no. 6/246 2500.

Sanadnya shahih hingga Hafsh bin Ghiyaats.

Namun Abu Ma’mar Al-Qathii’iy dalam jalan riwayat yang lain membawakan dengan lafadh ‘sebelum engkau datang’:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدِ الْوَاهَّبِ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ هَارُونَ بْنِ سُلَيْمَانَ، ثنا أَبُو مَعْمَرٍ الْقَطِيعِيُّ، ثنا حَفْصُ بْنُ غِيَاثٍ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَأَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، فَقَالَ لَهُ: " صَلَّيْتَ قَبْلَ أَنْ تَجِيءَ؟ قَالَ: لا، قَالَ: صَلِّ رَكْعَتَيْنِ، وَتَجَوَّزْ فِيهِمَا "

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ahmad bin ‘Abdil-Wahhaab[19] : Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Haaruun bin Sulaimaan[20] : Telah menceritakan kepada kami Abu Ma’mar Al-Qathii’iy : Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Ghiyaats, dari Al-A’masy, dari Abu Shaalih, dari Abu Hurairah; dan Abu Suyaan, dari Jaabir, ia berkata : Sulaik Al-Ghathafaaniy datang sementara Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sedang berkhuthbah pada hari Jum’at. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya : “Apakah engkau shalat sebelum datang ?”. Ia menjawab : “Belum”. Beliau bersabda : “Shalatlah dua raka’at dan cepatkanlah” [Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam Ma’rifatush-Shahaabah no. 3661].

Sayangnya, sanad Abu Nu’aim ini lemah karena Muhammad bin Ahmad bin ‘Abdil-Wahhaab, seorang yang majhuul al-haal, sehingga tambahan lafadh ‘sebelum engkau datang’ dalam poros sanad Abu Ma’mar Al-Qathii’iy di sini tidak sah karena menyelisihi riwayat yang dibawakan Ath-Thabaraaniy yang sanadnya jauh lebih shahih.

Hafsh bin Ghiyaats dalam periwayatan dari Al-A’masy mempunyai mutaba’ah dari:

a.      ‘Iisaa bin Yuunus[21]; sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim[22] no. 875 (59), Ibnu Khuzaimah[23] 3/167 no. 1835, Ibnu Hibbaan[24] 6/247-248 no. 2502, Al-Baihaqiy[25] dalam Al-Kubraa 3/194 (275) no. 5692

b.      Abu Mu’aawiyyah Muhammad bin Khaazim[26]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad[27] 3/116, Ath-Thahawiy[28] dalam Syarh Ma’aanil-Aatsaar 1/365 no. 2152, Ad-Daaraquthniy[29] 2/325 no. 1611, Al-Baihaqiy[30] dalam Al-Kubraa 3/194 (275) no. 5692

c.      Sufyaan Ats-Tsauriy[31] dan Ma’mar[32]; sebagaimana diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaaq[33] no. 5514, Ibnul-Mundzir[34] dalam Al-Ausath no. 1841,  dan Ath-Thabaraaniy[35] dalam Al-Kabiir 7/192 no. 6697

[Catatan : Ibnu Abi ‘Aashim[36] dalam Al-Aahaad wal-Matsaaniy no. 1279 dan Ad-Daaraquthniy[37] 2/325-326 no. 1612 meriwayatkan jalan ‘Abdurrazzaaq, dari Sufyaan, dari Al-A’masy, dari Abu Sufyaan, dari Jaabir, dari Sulaik]

d.      Syariik bin ‘Abdillah[38]; sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Ya’laa[39] no. 2186

e.      Daawud Ath-Thaaiy[40]; sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Hibbaan[41] 6/247 no. 2501

f.      Zaaidah bin Qudaamah[42]; sebagaimana diriwayatkan oleh ‘Abd bin Humaid[43] 2/138-139 no. 1022

Semuanya membawakan riwayat dari Al-A’masy tanpa lafadh ‘sebelum engkau datang’. Lafadh yang dibawakan Muslim adalah:

جَاءَ سُلَيْكٌ الْغَطَفَانِيُّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ فَجَلَسَ، فَقَالَ لَهُ " يَا سُلَيْكُ قُمْ فَارْكَعْ رَكْعَتَيْنِ، وَتَجَوَّزْ فِيهِمَا "، ثُمَّ قَالَ: " إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ وَلْيَتَجَوَّزْ فِيهِمَا "

Sulaik Al-Ghathafaaniy datang (ke masjid) pada hari Jum’at sedangkan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam sedang berkhuthbah, lalu ia (Sulaik) langsung duduk. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya : “Wahai Sulaik, berdiri, lalu shalatlah dua raka’at dan cepatkanlah”. Kemudian beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam melanjutkan : “Apabila salah seorang diantara kalian datang pada hari Jum’at dan imam sedang berkhuthbah, hendaklah ia shalat dua raka’at dan cepatkanlah” [Shahiih Muslim no. 875 (59)].

Konteks lafadh lafadh ini sama seperti lafadh jama’ah, yaitu perintah untuk tetap shalat dua raka’at ringan sebelum duduk meskipun imam telah berdiri berkhuthbah, yaitu shalat tahiyyatul-masjid, sebagaimana dipahami para ulama.

Tentu saja, riwayat Muslim – apalagi ia dikuatkan dengan banyak jalan – mesti didahulukan daripada selainnya, sehingga lafadh ‘sebelum engkau datang’ adalah syaadz yang boleh jadi merupakan tashhiif sebagaimana ditegaskan oleh Al-Haafidh Al-Mizziy rahimahullah, yang dilakukan oleh Daawud bin Rusyaid atau perawi setelahnya. Yang pasti, lafadh tersebut tidak mahfuudh, karena perintah Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam untuk melakukan shalat tahiyyatul-masjid tersebut berlaku bagi mereka yang datang ke masjid meskipun imam telah berkhuthbah, dan tidak digugurkan dengan shalat sunnah dua raka’at yang dilakukan di rumah (sebelum berangkat ke masjid). Para imam hadits yang menulis kitab-kitab hadits – sependek pengetahuan saya – tidak ada yang memasukkan hadits Jaabir ini dalam bab shalat sunnah qabliyyah Jum’at, akan tetapi menuliskannya pada bab orang yang masuk masjid sedangkan imam sedang berkhuthbah di hari Jum’at, yang tidak lain adalah sunnah tahiyyatul-masjid. Al-Bukhaariy meletakkan hadits Jaabir dalam Baab : Idzaa Ra-al-Imaam Rajulan Jaa-a wa Huwa Yakhthubu Amarahu An Yushalli Rak’atain dan Baab : Man Jaa-a wal-Imaamu Yakhthubu Shallaa Rak’ataini Khafiifatain, Muslim dalam Baab : At-Tahiyyatu wal-Imaamu Yakhthubu, dan imam-imam yang lainnya.

Riwayat Daawud Ath-Thaaiy dari Al-A’masy yang dibawakan Ibnu Hibbaan terdapat qariinah yang menguatkan perkataan Al-Mizziy, yaitu seharusnya lafadnya adalah ‘sebelum engkau duduk’.

أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ عُمَيْرِ بْنِ جَوْصَا، بِدِمَشْقَ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى الصُّوفِيُّ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ، حَدَّثَنَا دَاوُدُ الطَّائِيُّ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ جَابِرٍ قَالَ: دَخَلَ رَجُلٌ الْمَسْجِدَ، وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ، فَقَالَ لَهُ " صَلِّ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ تَجْلِسَ "

Telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad bin ‘Umair bin Jaushaa[44] di Damaskus : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yahyaa Ash-Shuufiy[45] : Telah menceritakan kepada kami Ishaaq bin Manshuur[46] : Telah menceritakan kepada kami Daawud Ath-Thaaiy, dari Al-A’masy, dari Abu Sufyaan, dari Jaabir, ia berkata : “Seorang laki-laki (yaitu Sulaik A;-Ghthafaaniy) datang ke masjid sementara Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam sedang berkhuthbah pada hari Jum’at. Maka beliau bersabda kepadanya : “Shalatlah dua raka’at yang ringan sebelum engkau duduk” [Diriwayatkan oleh Ibnu Hibbaan 6/247 no. 2501].

Sanadnya shahih sampai Al-A’masy.

Shalat Jum'at Shalat Sunnah Shalat Qabliyyah